PEMBINAAN DAN PENDAMPINGAN PENGELOLAAN ARSIP PADA BKPP KOTA PALANGKA RAYA

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Palangka Raya melaksanakan kegiatan kunjungan ke kantor Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Kota Palangka Raya pada Selasa, 09 April 2019 saat jam kerja bertempat di ruang rapat lantai I gedung BKPP Kota Palangka Raya, dengan pimpinan rombongan Ibu Dra. Seltina dan Ibu Hj. Siti Fathiyah selaku Kepala Bidang pada Dinas tersebut.

Bapak Yusianto selaku Kasubbid pengelolaan arsip menjelaskan mengenai JDIH ( Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum). JDIH adalah wadah pendayagunaan bersama atas dokumen hukum secara tertib, terpadu dan berkesinambungan yang beranggotakan instansi pemerintah, perguruan tinggi, dan lembaga lain yang bergerak di bidang pengembangan dokumentasi dan informasi hukum.

Sembari menunggu Jadwal Rancangan Retensi Arsip dikelompokkan arsip aktif, arsip inaktif dan arsip statis. Pembinaan dan Pendampingan yang dilakukan agar instansi menerapkan proses kearsipan dengan filling cabinet dan map gantung serta arsip inaktif dimasukkan dalam record center yang dikelola unit kearsipan yang ada di instansi tersebut.

Pengertian Kearsipan adalah suatu proses mulai dari penciptaan, penerimaan, pengumpulan, pengaturan, pengendalian,  pemeliharaan dan perawatan serta penyimpanan warkat menurut sistem tertentu.Saat dibutuhkan dapat dengan cepat dan tepat ditemukan. Bila arsip-arsip tersebut tidak  bernilai guna lagi, maka harus dimusnahkan.

Kearsipan memegang peranan penting bagi kelancaran jalannya organisasi, yaitu sebagai sumber informasi dan sebagai pusat ingatan bagi organisasi mengingat arti pentingnya  pemerintah Indonesia menaruh perhatian yang cukup besar terhadap kearsipan. Hal ini terbukti dengan diperlukannya beberapa peraturan perundangan yang mengatur tentang kearsipan Nasional. Adapun keunggulan dan fungsi yang dapat dilihat dari sistem penanganan kearsipan setiap organisasi, yaitu

  • Aktifitas kantor&organisasi akan berjalan dengan lancar.
  • Dapat dijadikan bukti-bukti tertulis apabila terjadi masalah.
  • Dapat dijadikan sebagai sarana komunikasi secara tertulis
  • Dapat dijadikan bahan dokumentasi
  • Dapat menghemat waktu, tenaga dan biaya
  • Sebagai alat pengingat
  • Sebagai alat penyimpanan warkat
  • Sebagai alat bantu perpustakaan diorganisasi apabila memiliki perpustakaan
  • Merupakan bantuan yang berguna bagi pimpinan dalam menentukan kebijaksanaan organisasi
  • Kearsipan berarti penyimpanan secara tetap dan teratur warkat-warkat penting mengenai kemajuan organisasi.

Berita Terkait

Komentar via Facebook

Kembali ke atas

Pencarian



semua agenda

Agenda

semua download

Download

Jajak Pendapat

Apakah Pelayan Kepagawaian Kota Palangka Raya Memuaskan?
Kurang Memuaskan
Cukup Memuaskan
Memuaskan

Lihat